• Pendaftaran-TK
  • Graduation 2022
  • Pendaftaran-SMA
  • Pendaftaran-SMP
  • Pendaftaran-SD2
  • Pendaftaran-SD1

Selamat Datang di Website SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR

NPSN : 10211854

Jalan merdeka no.28


info@skkkps.sch.id

TLP : (0622) 24577


          

Statistik


Total Hits : 75491
Pengunjung : 33710
Hari ini : 8
Hits hari ini : 13
Member Online : 0
IP : 3.235.228.219
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Retreat Siswa SKKKPS T.P. 2021/2022




SKKKPS menerapkan nilai-nilai spiritualitas dalam setiap aspek pendidikannya dengan tujuan untuk membentuk moral, karakter dan iman para siswa. Nilai-nilai moral dan karakter yang baik harus didasarkan pada dari relasi dan perjumpaan dengan Tuhan.


SKKKPS menjadi salah satu sekolah yang membangun karakter para siswa dengan menanamkan fondasi Kekristenan dan salah satu upaya untuk itu adalah dengan mengadakan Retreat Siswa yang dilaksanakan oleh setiap jenjang.


Berikut ini hasil wawancara dengan Bapak Pendeta Hari Andreas, S.Th., M.Si. selaku Kepala Kerohanian SKKKPS mengenai Retreat Siswa tersebut.


Q : Apa tujuan dan fungsi retreat yang diadakan sepanjang tahun ini untuk para siswa SKKKPS, Pak?


A : Retreat adalah salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan pembinaan iman dan karakter siswa di SKKPS. Jadi fungsinya adalah pembinaan iman dan karakter siswa (guru). Tujuannya agar siswa (guru) bisa mendapatkan pembinaan iman dan karakter secara holistik dan kontekstual.


Q : Pertanyaan kedua, apakah ada tema besar yang menghubungkan tema-tema kecil dari setiap retreat yang ada di SKKKPS?


A : Di SKKKPS ada alur dan kurikulum pembinaan iman dan karakter dari jenjang TK hingga SMA sehingga semua kegiatan siswa (guru) harus mengacu pada alur/kurikulum tersebut. Begitu pula dengan retreat harus disesuaikan dengan alur/kurikulum dengan tetap menimbang konteks saat retreat dilaksanakan.


A : Di SKKKPS ada alur dan kurikulum pembinaan iman dan karakter dari jenjang TK hingga SMA sehingga semua kegiatan siswa (guru) harus mengacu pada alur/kurikulum tersebut. Begitu pula dengan retreat harus disesuaikan dengan alur/kurikulum dengan tetap menimbang konteks saat retreat dilaksanakan


Q : Pertanyaan berikutnya Pak, apakah ada pengembangan yang berbeda dari retreat tahun ini untuk retreat tahun depan?


A : Karena retreat juga harus menimbang konteks pada waktu pelaksanaan maka sudah pasti setiap tahun ada pengembangan dan perubahan baik tema, acara bahkan konsepnya.


Q : Baik Pak, pertanyaan terakhir, apa tantangan untuk pengadaan retreat selama 2021/2022 ini dan bagaimana cara SKKKPS menanggulanginya?


A : Tantangan terbesar tahun ini adalah adanya pandemi Covid19 sehingga retreat harus dilaksanakan secara online sehingga kurang maksimal. Namun tim kerohanian berupaya untuk membuat sekalipun secara online retreat tetap bisa menarik, kontekstual dan bisa dinikmati oleh semua siswa (guru).


Q : OK, Pak terima kasih atas jawabannya. God bless you.


A : Sama-sama. God bless you, too.


Semoga untuk tahun pembelajaran yang akan datang pandemi Covid19 sudah berakhir sehingga retreat siswa bisa dilaksanakan secara tatap muka langsung dan hasilnya bisa maksimal.


Soli Deo Gloria.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas