• Motto
  • Insideout

Selamat Datang di Website SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR

NPSN : 10211854

Jalan merdeka no.28


info@skkkps.sch.id

TLP : (0622) 24577


          

Statistik


Total Hits : 93758
Pengunjung : 41702
Hari ini : 8
Hits hari ini : 18
Member Online : 0
IP : 3.239.119.61
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Murid-murid SD1 Berjaya di Perlombaan Junior Olympiad Science (JSO) yang Diselenggarakan oleh Pusat




Empat orang murid kami dari jenjang SD1 SKKKPS berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu dalam Perlombaan Junior Olympiad Science (JSO) yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang berlangsung pada tanggal 13 November 2022 di UNIMED, Medan.


 


Ke-4 orang murid dari SD1 SKKKPS yang membanggakan itu adalah :


 



  1. Joy Vania Callista (6 Yohanes) - Medali Perak pada JSO bidang Bahasa Inggris

  2. Ivander Manuel Damanik (5 Yohanes) - Medali Perak pada JSO bidang Bahasa Inggris

  3. Rohanna Kristin Aprillia Purba (6 Markus) - Medali Perunggu pada JSO bidang IPA

  4. Nicolyn Quinn Herny (6 Yohanes) - Medali Perunggu pada JSO bidang IPA


 


Mari kita mengenal mereka lebih dekat dan kita cari tahu bagaimana cara mereka mempersiapkan diri sebelum ikutan perlombaan dan apa kiat serta tips juara dari mereka.


 


Sejak balita, Joy sudah suka menonton siaran TV anak-anak yang berbahasa Inggris dan mulai dari saat itu pun Joy bisa memahami dan mengetahui Bahasa Inggris secara perlahan-lahan. 


 


Persiapan Joy untuk Olimpiade POSI ini adalah menonton video Youtube yang mengajarkan grammar atau structure Bahasa Inggris dan menggunakan sebuah aplikasi untuk belajar bahasa Inggris. Joy tidak mengikuti kursus secara khusus dikarenakan sudah diberikan aplikasi untuk belajar sendiri di rumah.


 


Setelah didaftarkan di Olimpiade POSI, guru Bahasa Inggris Joy sekaligus wali kelasnya yaitu Miss Winda Renita Sibarani telah memberikan bimbingan, latihan, serta dukungan sampai tiba hari H melalui soal-soal latihan setelah pulang sekolah maupun via Gmeet. Tips sukses menurut Joy adalah berlatih secara sungguh-sungguh dan membuat rutinitas untuk belajar Bahasa Inggris setiap hari supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.


 


Nah, itu adalah kisah dari Joy. Bagaimana dengan kisah dari Ivander?


 


Ivander sejak kecil sudah suka menonton video Youtube tentang game, dimana pemainnya menggunakan Bahasa Inggris. Melalui menonton, Ivander pun banyak mempelajari kosa kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu tentunya dari sekolah Ivander juga banyak belajar karena dia senang dengan pelajaran Bahasa Inggris.


 


Untuk persiapan Olimpiade POSI, sebenarnya Ivander tidak terlalu banyak belajar. Ibu Ivander hanya memberikan soal-soal latihan dari Google karena menurut Ivander, Bahasa Inggris hanya perlu penalaran dan yang paling utama selalu berdoa meminta pimpinan Tuhan.


 


Kalau begitu, bagaimana dengan kisah Rohanna dan Nicolyn, ya?


 


Sejak kelas 4 SD Rohanna sudah mulai suka dengan pelajaran IPA, akan tetapi ketika berada di kelas 5 barulah ia mendalami pelajaran IPA. Persiapan yang Rohanna lakukan sebelum Olimpiade POSI adalah membahas soal-soal latihan dari Google dan meminta soal-soal latihan dari guru IPA yang langsung dibimbing juga oleh guru IPA di sekolah. Tips dari Rohanna adalah sering membaca dan mengulangi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah dan rajin mencari soal-soal latihan dari Google untuk dibahas.


 


Nicolyn mulai tertarik dengan pelajaran IPA saat di kelas 5 SD. Karena itu, Nicolyn suka mengikuti lomba - lomba dan selalu dibimbing oleh guru, sekolah maupun orang-orang di sekitar Nicolyn. Sebelum mengikuti Olimpiade POSI ini, persiapan yang Nicolyn lakukan ialah sering mengerjakan soal-soal latihan dengan berbagai bentuk soal untuk memperluas wawasan sehingga pada saat lomba nanti Nicolyn sudah tidak kaget dan lebih siap untuk menjawab.

Selain itu, jam belajar mata pelajaran IPA juga diperpanjang sehingga persiapan Nicolyn untuk menghadapi lomba lebih matang lagi. Tips yang bisa Nicolyn beri dalam belajar IPA adalah kita harus selalu memiliki perasaan ingin tahu. Bila masih bingung terhadap suatu materi, jangan malu dan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada guru kita, seperti kata pepatah "Malu bertanya, sesat di jalan."


 


Selamat untuk murid-murid berprestasi dari jenjang SD1 SKKKPS! Kami doakan untuk kesuksesan kalian di jenjang selanjutnya!


 


Soli Deo Gloria.








Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas