• Motto
  • Insideout

Selamat Datang di Website SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR

NPSN : 10211854

Jalan merdeka no.28


info@skkkps.sch.id

TLP : (0622) 24577


          

Statistik


Total Hits : 93751
Pengunjung : 41699
Hari ini : 5
Hits hari ini : 11
Member Online : 0
IP : 3.239.119.61
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Murid-murid SMP SKKKPS Berjaya dalam Kompetisi Junior Olympiad Science (JSO) yang diselenggarakan ol




Kali ini giliran dari murid-murid SMP SKKKPS yang mencetak prestasi nih, Teman-teman. Siapa sajakah mereka?

 

Murid-murid yang berprestasi tersebut adalah :

 

  1. Waldo Immanuel Manik - Medali Emas di Kompetisi JSO bidang Matematika
  2. Dito Nathan Pratama Sinaga - Medali Perak di Kompetisi JSO bidang Bahasa Inggris
  3. Chelsea Priscilla Tampubolon - Medali Perunggu di Kompetisi JSO bidang Bahasa Inggris

 

Ayo, berkenalan lebih lanjut dengan mereka!

 

Waldo mulai menyukai pelajaran Matematika sewaktu kelas 2 SMP, sebenarnya belum lama, demikian penuturan dari Waldo sendiri. Ceritanya Waldo waktu itu sedang bosan di rumah kemudian Waldo pun memutuskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku Matematika. Dan saat mengerjakannya, Waldo merasa senang karena mampu menyelesaikan soal-soal tersebut, sepertinya lega rasanya. Dan alasan Waldo suka akan pelajaran Matematika adalah untuk mencari perasaan itu.

 

Ketika orang tua Waldo tahu bahwa dia suka akan Matematika, mereka pun mulai memasukkan Waldo ke les-les olimpiade dan membeli buku-buku soal olimpiade, kemudian mengikutkan Waldo ke perlombaan Olimpiade Matematika. Menurut Waldo, sebenarnya olimpiade-nya banyak sekali yang gratis dan online, ini menjadi pengalaman baik bagi Waldo supaya terbiasa mengikuti olimpiade.

 

Saat terpilih untuk menjadi peserta JSO, Waldo tidak merasa gugup karena sudah terbiasa mengikuti olimpiade, jadi Waldo tidak perlu untuk belajar terlalu giat untuk mempersiapkan diri.

 

Tips belajar Matematika dari Waldo : “Jangan berpikir bahwa Matematika hanya angka-angka saja dan tidak berguna. Sama halnya seperti pelajaran IPA, Matematika juga merupakan dasar untuk menciptakan semua hal di dunia ini.”

 

Pengalaman yang luar biasa yah, Waldo!

 

Nah, bagaimana dengan Dito? Dito sudah suka akan pelajaran Bahasa Inggris sejak kecil. Dito tertarik belajar Bahasa Inggris karena di sekolah juga diajarkan, demikian penjelasan dari Dito.

 

Beberapa minggu sebelum kompetisi, Dito sudah mulai membahas materi dan soal-soal Bahasa Inggris bersama teman-teman dan guru pembimbing di sekolah agar mereka siap menghadapi kompetisi ini.

 

Tips belajar Bahasa Inggris dari Dito adalah intinya membahas dari dasar dulu, yaitu harus belajar konsep-konsep dasar dulu seperti parts of speech. Jika sudah paham dasarnya akan jauh lebih gampang memahami materi yang lebih sulit. Kita juga harus sering mengerjakan soal-soal grammar Bahasa Inggris agar kita tahu model-model soal. Berbicara kepada teman atau guru menggunakan Bahasa Inggris juga dapat melatih kemampuan kita khususnya dalam speaking.

 

Keren banget yah, Dito!

 

Bagaimana dengan Chelsea? Chelsea sejak dari SD sudah tertarik dengan Bahasa Inggris akan tetapi sejak masuk SMP Chelsea baru mulai "menggali" kemampuan Bahasa Inggris-nya.

 

Ternyata bahasa Inggris itu keren karena dianggap sebagai bahasa internasional yang bisa dipakai semua orang untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di negara yang berbeda.

 

Dari situlah Chelsea belajar bahwa Bahasa Inggris tidak se-simpel yang dia pikirkan. There's a lot to learn. The structure of the language and many more important aspects. Akhirnya Chelsea jadi suka sekali berbahasa Inggris.

 

Terus, bagaimana persiapan Chelsea di dalam menghadapi kompetisi kali ini? Pertama pastinya Chelsea lihat silabus yang diberikan oleh pihak POSI. Kemudian Chelsea melakukan scanning semua topik. Lalu topik-topik tersebut dibagi menjadi 3 kategori :

  1. Topik yang sudah dikuasai (Easy)
  2. Topik yang sudah dimengerti tetapi perlu dipelajari lagi (Medium)
  3. Topik yang belum dipahami (Difficult)

 

Dari situ, Chelsea fokus ke topik yang menurutnya sulit. Dia mencari di internet soal-soal latihan/worksheet lalu dikerjakan. Ketika dia merasa stuck, Chelsea melihat pembahasan yang disediakan atau membaca artikel tentang materinya. Lalu perlahan-lahan dia berpindah ke topik "medium" dan akhirnya "easy". Dan tidak terasa, semua topik sudah Chelsea pelajari.

 

Wow, cara belajar Bahasa Inggris yang sangat brilian nih dari Chelsea!

 

Tetap semangat untuk kalian bertiga yah para peraih prestasi yang membanggakan dari jenjang SMP SKKKPS!

 

Soli Deo Gloria.






Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas